Malang (Part. 3) – Sumber Sira Putukrejo

Hari terakhir…

Nggak boleh mengeluh ya, disyukuri aja karena sudah bisa liburan hehehe 😀 .Hari ini kita mau main ke Sumber Sira Putukrejo, sebuah kolam alami yang airnya sangat jernih. Lokasinya sekitar 19 km ke arah selatan dari pusat kota Malang. Jalan menuju tempat ini sempit dan banyak yang berlubang. Lebih baik kalian mengendarai motor atau mobil kecil, supaya lebih mudah saat berpapasan dengan kendaraan lain.

Sedikit cerita dari pengalaman saya, kemarin kami sempat diarahkan oleh aplikasi ke jalan raya Curungrejo kemudian belok kiri ke jalan Rojo Talun. Diarahkannya lurus tapi ternyata ada peringatan “mobil besar dilarang masuk”. Karena kita naik mobil kecil, ya sudah dicoba saja. Ternyata kami harus melewati jembatan yang kecil. Nah lho.. jantung sudah mau copot! Untungnya masih bisa lewat walaupun cukup menyiksa hehehe 😀 .Saran saya lebih baik kalian lewat jalan KH. Syamsul Arifin kemudian tinggal belok kanan ke jalan Sunan Ampel.

Sampai deh!

Dari parkiran kita jalan turun ke bawah dulu baru sampai di kolam ini. Tiket masuknya lima ribu rupiah, dan bagi yang mau ke toilet tarifnya dua ribu rupiah. Kalau mau berenang di sini sambil menggunakan ban, kalian juga bisa sewa ban besar dengan tarif enam ribu rupiah dan sewa ban sedang lima ribu rupiah.

Menurut saya tempat ini cukup keren. Bukan hanya sekedar kolam alami dengan air yang jernih, tapi juga pemandangan sawah di sekitar yang bikin mata jadi sejuk. Mengapa lokasi nya di dekat sawah? Karena sebenarnya Sumber Sira merupakan sumber air yang digunakan untuk irigasi. Dan sekarang selain untuk irigasi, Sumber Sira juga dijadikan sebagai tempat wisata karena pemandangan bawah airnya yang unik dan keren. Di dalam sungai ini tumbuh banyak tanaman air sejenis Hydrilla dan ada ikan – ikan kecilnya juga.

Tumbuhannya di dalam air ya 🙂

Waktu sampai di sana ada beberapa orang yang berenang. Namun sayangnya saya sempat melihat ada beberapa sampah yang tersangkut di dalam kolam. Jadi kasian sama yang berenang juga kan. Jadi mari kita jaga kebersihan lingkungan 🙂

Sumber Sira jadi tempat terakhir untuk liburan kami kali ini. Tinggal tunggu waktu yang pas dan kita bakalan pergi lagi. Tetap semangat dan sehat selalu ya! 😀 (APRIL 2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *